Tuesday, October 31, 2006

motret

motret itu kliatannya hal yg simpel banget ya. apalagi klo pake kamera yg serba auto. tinggal make sure ada film ato memory card, terus nyalain. abis itu klik aja deh. beres. klo gitu doank sih emang gampang. tp motret dgn bagus itu yg susah.

buktinya ya gw sendiri. gw termasuk yg cukup gila motret. sayangnya kurang modal, jadi gak mampu beli kamera slr digital. hahaha... tp dgn canon powershot a95 gw, gw udah cukup bisa ngelakuin bbrp hal yg mustinya diketahui pemotret yg cukup serius. bedanya nyaris cuma di gak bisa ganti2 lensa. mengakrabkan diri dgn kamera itu ternyata adalah hal yg pentiiiiing banget. sebagus apapun perlengkapannya, klo gak dipelajari & blm paham, ya hasilnya gak bakal maksimal.

ini yg terjadi di kebaktian padang kemaren. krn gw jadi sie acara, gw gak bisa motret2. jadi kamera gw dipinjem sama vany & anya yg jadi sie publikasi & dokumentasi. ternyata salah jg di gw, soalnya gw baru kasih kameranya di hari h. jadi mrk gak sempet utk "mengakrabkan" diri dgn kamera gw itu. dan ternyata lagi, a95 itu cukup rumit, apalagi buat yg gak kebiasa. apalagi layoutnya. "stray finger" itu bisa dgn gak sengaja ngubah mode dialnya ke setting yg gak diharapkan. hasilnya? fotonya jadi blur. ato, dlm kasus dipsy, kepilih setting yg resolusi fotonya cuma 640x480! nah, padahal klo settingnya berubah, mustinya kliatan di lcd monitornya. sayangnya, krn mrk ini gak kebiasa, mrk gak sadar klo ada yg berubah.

hasilnya, foto2 kebaktian padang kmrn itu cukup byk yg gak bagus. burem, out of focus, ato blurred. sayang banget.

itu klo kita ngomong ttg perlengkapannya ya. seni motretnya sendiri, laen soal. klo yg 1 ini, gw sendiri masih meraba-raba, msh blm bs nemu yg pas. gw msh sering sebel sendiri. apa yg di lcdnya kliatan bagus, ternyata di komputer jadi jelek. kaco khan. ini terjadi pula sama anya & vany. posisi obyeknya byk yg perlu dipertanyakan. jadinya kurang bagus. foto yg gw pasang di bawah, posenya cukup bagus. kita semua ampir kliatan natural. sayangnya, kameranya kurang turun dikit.

tp lagi2 itu pendapat subyektif gw. dan krn gw bkn sie dokumentasi, gw gak bisa protes apa2 lah. hehehe...

No comments: