Thursday, October 25, 2007

"eh..elu tuh ngeblog ati2 booo"

judul posting ini gw copy-paste, jadi "as is", dari chat gw sama seorang temen. dia nyuruh gw hati2, soalnya blog gw ini ktnya dibaca sama anak2 IP. gw tanya knp emangnya? ya ktnya gw kliatan banget klo benci stengah idup sama si bawang. so what? most of them know anyway. gw bkn org yg munafik kok. what i don't like, i put my finger to it right away.

tapi di luar dari itu, hal ini bikin gw mikir, as bloggers, apakah kita melakukan "self-censor"? apakah kita harus mikirin org laen wkt kita nulis? mnrt gw sih tergantung situasinya ya. klo spt di atas, udah gamblang & jelas, org2 udah pd tau klo gw gak suka sama si bawang. jadi, klo gw tulis di blog, ya terserah gw khan. tp utk kasus2 laen, mgkn kita emang musti mikirin dulu.

gw pribadi sih baca2 blog krn gw suka dengan gaya org2 yg nulis sbg pribadi mrk. bkn sbg "corong" dari bigger entities. jadi, lagi2 mnrt gw, ini yg bikin blog beda dgn majalah ato koran. seorang penulis di media, pastinya gak akan bisa terlalu bebas dlm ngungkapin perasaan dia wkt nulis di medianya, krn dibatasi oleh hal2 spt kode etik jurnalistik, dan interest dari pihak2 laen. yg paling bikin sesak ya interest ini. media2 TI seringkali "dicekik" oleh perusahaan2 yg masih "norak & kampungan" utk nulis yg bagus2 aja ttg mrk.

di blog, kita bisa juuuuh lebih bebas. dan utk amannya, tinggal bikin "disclaimer" di blog kita. hehehe... which reminds me: gw blm pny disclaimer di blog ini! lgs bikin ah! hahaha....

No comments: